Pasar Sasaran
Sasaran pasar adalah pasar yang akan dilayani perusahaan. Sasaran pasar perlu ditetapkan terlebih dahulu agar strategi dan program pemasaran dapat lebih terarah pada sasarannya. Untuk menetapkan sasaran pasarnya, perusahaan perlu terlebih dahulu melakukan penilaian masing-masing kelompok pasar. Segmentasi pasar memberikan peluang bagi perusahaan untuk menentukan kelompok-kelompok pasar yang akan dipilih sebagai sasarannya. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai dasar penilaian masing-masing segmen pasar :
1. Luas dan Pertumbuhan Segmen Pasar
2. Struktur Pasar
3. Tujuan dan Kapasitas Perusahaan
Strategi penguasaan sasaran pasar meliputi tiga alternatif, yaitu :
1. Pemasaran yang tidak membedakan (Undifferentiated Marketing)
2. Pemasaran yang membedakan (Differentiated Marketing)
3. Pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing)
Pilihan Produk
Setelah menetapkan sasaran pasar,langkah kemudian adalah menetapkan posisi produk dipasar. Ada beberapa pilihan strategi merancang posisi produk :
1. Posisi berdasarkan atribut produk
2. Posisi berdasarkan pada manfaat produk
3. Posisi yangberdasarkan penggunaan produk
4. Posisi berdasarkan pemakai produk
5. Posisi yang membedakan langsung dengan pesaing
Keputusan layanan
Produk dapat dibedakan menurut pelayanan yang bisa diberikan kepada pelanggan, meliputi : pengiriman barang ke pelanggan, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi, perbaikan dan pelayanan yang lain.
Keputusan Harga
Harga yang sudah ditetapkan, sering kali perlu disesuaikan karena perubahan yang terjadi pada lingkungan pemasaran. Kebijakan harga perlu diambil untuk melakukan antisipasi perubahan-perubahan tersebut. Penyesuaian harga (administered pricing) perlu mempertimbangkan fleksibelitas, siklus produk, potongan harga (discount), jarak geografis antara penual dan pembeli, product mix, serta harga psikologis pelanggan.
Tabel Kebijakan Harga.
Fleksibilitas Harga | Siklus Produk | Potongan Harga | Harga Promosional | Harga Geografis | Product Mix | Harga Psikologis |
One price | Tinggi/rendah | Tunai | Loss leader | FOB, FAS | Optional | Prestis |
Diskriminasi - produk - tempat - waktu - pelanggan | Stabil | Kuantitas | Special events | Uniform | Captive | Relasi kualitas |
Rendah | Musiman | Low-interest | Bassing-point | Per-unit | Angka ganjil | |
Dagang | Jaminan | Zone | Paket | |||
Rebates | Lining | |||||
Tukar-tambah |
Keputusan tempat
Strategi keputusan pemasaran pengecer meliputi beberapa pilihan, yaitu :
1. SUPERSTORE
2. SUPERMARKET
3. FACTORY OUTLET
4. DEPARTEMENT STORE
5. ETC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar